SEKILAS INFO
  • 10 bulan yang lalu / Mujahid YatimCare akan membagikan santunan THR Yatim Se Gunungsindur, Silahkan Ambil bagian dari Kebaikan ini.
  • 1 tahun yang lalu / Mujahid YatimCare akan mengadakan acara Sunatan Masal & Santunan yatim Sebanyak 20 Orang, Untuk Sunat perioritas Yatim info : 089651514006
  • 1 tahun yang lalu / MALAM NISFU SYA’BAN _jatuh pada_ Hari : Kamis Malam Jumat (ba’da Maghrib), 17 Maret 2022. Malam ke 15 bulan Sya’ban.
WAKTU :

Peran Masyarakat Dalam Santunan Anak Yatim

Terbit 13 Desember 2021 | Oleh : hamba | Kategori : Tausiah
Peran Masyarakat Dalam Santunan Anak Yatim

Peran Masyarakat Dalam Santunan Anak Yatim

Mujahid YatimCare – Gunungsindur, Peran Masyarakat Dalam Santunan Anak Yatim. Seperti yang kita ketahui bahwa Islam adalah salah satu agama yang memiliki ciri khas cinta damai, penuh dengan kasih sayang, sejahtera, dan pasti nya tiada paksaan untuk masuk ke dalam Islam. hal tersebut terjadi karena di dalam Islam terdapat akidah dan aturan yang harus dijalankan oleh umat nya. salah satu anjuran yang menunjukan sikap damai adalah peduli terhadap golongan-golongan yang memang membutuhkan, seperti orang fakir miskin, anak yatim piatu, hamba sahaya, dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas santunan kepada anak yatim yang mungkin cukup sering dilalaikan oleh masyarakat umum. Dalam hidup bermasyarakat, terutama jika masyarakat nya adalah mayoritas Islam hendaknya memperhatikan keberadaan anak yatim yang ada di lingkungannya. Menyantuni anak yatim adalah perintah Allah dan sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW.

Isi Paket Santunan Anak Yatim

Peran masyarakat dalam santunan anak yatim salah satu nya adalah dengan memberikan santunan kepada anak yatim sesuai dengan kemampuan. Isi paket santunan anak yatim sendiri bisa diberikan berupa benda ataupun sejumlah uang. Selain itu Anda bisa memberikan bantuan dengan cara memperhatikan pendidikan seorang anak yatim, memenuhi kebutuhan psikologis nya sebagai seorang anak, dukungan moral, kasih sayang, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa diberikan dan tidak ada batasnya selama itu semua baik.

Menyantuni anak yatim adalah perintah Allah SWT dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta diriwayatkan di dalam al-Qur’an dan hadist. Mengetahui hak-hak anak yatim juga sangat perlu, berikut adalah beberapa hak anak yatim yang perlu Anda ketahui!

  • Diperlakukan Dengan Baik

Hak anak yatim yang pertama adalah mendapatkan perlakuan yang baik dan jangan sampai berbuat sewenang-wenang. Sebagaimana yang ada di dalam QS Ad- Dhuha : 9-10) yang artinya: “Maka terhadap seorang anak yatim piatu janganlah engkau berlaku sewenang-wenang, dan terhadap pengemis janganlah menghardik.”

  • Mendapat Perlindungan dan Kecukupan Kebutuhan

Semua anak perlu untuk dilindungi, begitu juga dengan anak yatim. jika kita ditakdirkan berkecukupan maka jangan lupa untuk menyisihkan sebagian harta untuk anak yatim. wujud dari perlindungan adalah memberinya tempat tinggal yang layak dan mencukupi segala kebutuhannya baik kebutuhan sandang maupun pangan.

  • Mendapatkan Pendidikan 

Hak selanjutnya yang tidak boleh dilupakan dan harus dipenuhi adalah hak pendidikan anak yatim. semua anak wajib hukumnya untuk belajar, jangan sampai karena menjadi yatim anak tidak memperoleh pendidikan. Karena pendidikan adalah kebutuhan pokok bagi setiap orang tidak terkecuali untuk anak yatim.

Tujuan Santunan Anak Yatim

Selain menjalankan perintah Allah dan Rosul, serta memenuhi hak anak yatim, memberi santunan juga memiliki tujuan tertentu yang dapat meningkatkan keimanan setiap muslim. Selain itu tujuan memberi santunan kepada anak yatim juga cukup banyak untuk kehidupan bermasyarakat, seperti:

  1. Menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan
  2. Membiasakan memberi contoh yang baik dengan selalu berbuat baik terhadap sesama
  3. Mengentaskan kemiskinan yang ada di negeri
  4. Menjalin persaudaraan sesama muslim untuk mewujudkan Islam yang penuh dengan kasih sayang
  5. Menumbuhkan nilai-nilai sosial dalam bermasyarakat, dll.

Santunan Anak Yatim 2021 Program Santunan Anak Yatim 

Di masa pandemi seperti sekarang ini, memberi santunan kepada anak yatim bisa dilakukan dengan berbagai cara. Anda bisa bergabung dengan tim donasi untuk anak yatim dan dhuafa yang sudah cukup banyak tersebar, atau bisa juga dengan mengikuti program santunan anak yatim 2021. Biasanya jika Anda memilih untuk bergabung dalam sebuah program santunan anak yatim maka jaringan Anda bisa semakin luas dan santunan bisa disalurkan secara lebih luas.

Santunan Anak Yatim Di Masa Pandemi 

Agar nilai santunan kepada anak yatim di masa pandemi bisa tetap maksimal sebagaimana sebelum pandemi, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyantuni anak di masa pandemi seperti sekarang ini, diantaranya:

  • Mengetahui Data Anak Yatim di Sebuah Panti Asuhan

Pertama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu data dan jumlah dari anak yatim di sebuah panti asuhan. Jika tidak mengetahui datanya maka Anda akan bingung dalam memberi santunan. Panti asuhan yang amanah pasti memiliki data anak didik nya secara lengkap, jangan sampai salah dalam memberi santunan kepada anak yatim.

  • Berikan donasi yang layak dan yang dibutuhkan 

Jangan sampai Anda memberikan donasi kepada panti asuhan dengan bantuan yang kurang layak atau sekedarnya. Hal tersebut akan membuat pihak panti merasa sakit hati, Selain itu dalam memberikan sumbangan harus menyesuaikan dengan kebutuhan anak panti agar semua bantuan nya terpakai.

Itulah informasi mengenai peran masyarakat dalam santunan anak yatim yang bisa kita pahami. Semoga kita termasuk golongan orang yang mampu menyantuni anak yatim di waktu lapang ataupun sempit, agar mendapat ridho dari Allah SWT.

SebelumnyaMembawa Handphone Kedalam Masjid/Di Depan Ka’bah SesudahnyaJangan takut miskin karena bersedekah

Tausiyah Lainnya